Cara Nonaktifkan Internet Untuk Aplikasi Tertentu di Android

Tak bisa dimungkiri, paket data seluler harganya tak murah. Permasalahannya, deretan aplikasi sering melakukan aktivitas di latar belakang smartphone dan menyedot data.

Beberapa aplikasi menyedot data secara teratur, bahkan ketika mereka sedang tidak aktif digunakan. Anda bisa mematikan data seluler agar aplikasi tak terus menggunakan data. Namun, masalah muncul ketika aplikasi komunikasi seperti WhatsApp, Messenger harus terhubung ke internet setiap saat.

Untungnya, Android menyediakan cara untuk mencegah aplikasi tertentu menggunakan data. Aplikasi pihak ketiga juga bisa menjadi alternatif untuk solusi ini. Cara-cara ini berguna untuk Anda yang ingin menonaktifkan data pada aplikasi yang tak perlu menggunakan data, dan tetap menggunakan aplikasi yang memang seharusnya mengakses data.

Berikut cara menonaktifkan koneksi internet pada aplikasi tertentu, dirangkum dari Liputan6.com, berikut ulasannya.

Menggunakan Fitur Bawaan Android

nda dapat dengan mudah mengatur batasan data latar belakang untuk aplikasi tertentu di Android. Yang perlu Anda lakukan, adalah pergi ke Pengaturan-> Aplikasi (Settings->Apps) dan pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan datanya.

Di halaman Info Aplikasi, Anda dapat mengetuk “Penggunaan data” (Data usage) dan di sini, aktifkan “Batasi data latar belakang aplikasi” (“Restrict app background data”). Ini memastikan bahwa aplikasi tidak mengambil data seluler apa pun saat berjalan di latar belakang selama Anda tidak membukanya.

Jika Anda ingin membatasi data latar belakang untuk semua aplikasi, Anda dapat pergi ke Pengaturan-> Penggunaan data (Settings->Data usage), tekan tombol tiga titik dan ketuk “Batasi data latar belakang” (Restrict background data). Di sini, Anda juga dapat menetapkan batas data seluler bulanan, sehingga Anda tahu kapan data selulermu hampir habis.

Jika Anda memiliki android versi terbaru (Nougat keatas), Anda akan menemukan mode Penghemat Data (Data Saver). Pada dasarnya fitur ini membatasi data latar belakang pada semua aplikasi. Namun, Anda dapat memilih aplikasi yang Anda inginkan untuk mengaktifkan akses data tidak terbatas.

Blokir Data Seluler dan WiFi dengan NetGuard

Sementara fitur bawaan Android hanya memungkinkan Anda menonaktifkan koneksi internet pada data seluler, aplikasi pihak ketiga bisa lebih membantu Anda. Ini memungkinkan Anda untuk menonaktifkan koneksi data dan juga Wi-Fi.

NetGuard adalah aplikasi firewall yang tidak hanya memblokir akses internet untuk aplikasi tertentu tetapi juga memungkinkan Anda menggunakan kondisi seperti membolehkan WiFi atau data seluler saat layar menyala dan memblokir internet saat roaming.

NetGuard menampilkan semua aplikasi dalam urutan abjad. Di sampingnya terdapat opsi nonaktifkan untuk Wi-Fi dan data seluler. Nonaktifkan akses pada salah satu atau kedua jenis koneksi yang Anda inginkan.

Untuk kontrol dan pengecualian yang lebih spesifik, ketuk panah dropdown di sebelah setiap aplikasi. Opsi ini mencakup kemampuan untuk membatasi aplikasi yang mengonsumsi data hanya ketika Anda sedang roaming. Atau, Anda dapat mengizinkan aplikasi menggunakan data sementara yang lain diblokir.

Anda juga dapat membatasi penggunaan data pada koneksi jaringan seluler tertentu, jika perlu. ini seperti dapat mengizinkan penggunaan tanpa batas pada koneksi 3G, dan membatasi koneksi LTE.

Blokir Data Seluler dan WiFi dengan NoRoot Firewall

NoRoot Firewall adalah aplikasi firewall yang sangat populer yang menghadirkan kemampuan tingkat lanjut untuk menonaktifkan koneksi internet.

Aplikasi ini tidak hanya memungkinkan Anda memblokir akses data seluler / WiFi untuk aplikasi, tetapi juga memungkinkan Anda mengatur filter dan ketentuan khusus berdasarkan alamat IP, nama domain, dan alamat host.

NoRoot Firewall juga melindungi informasi pribadimu agar tidak dikirim ke Internet. Firewall NoRoot memberi tahu Anda ketika aplikasi mencoba mengakses Internet. Tampilan antarmuka NoRoot Firewall juga sederhana dan gratis untuk digunakan.

Blokir Data Seluler dan WiFi dengan InternetGuard Data Saver Firewall

InternetGuard Data Saver Firewall adalah aplikasi firewall terbaik lain dalam daftar yang dapat digunakan untuk memblokir akses internet di aplikasi tertentu di Android.

Sama seperti semua aplikasi firewall Android lainnya, InternetGuard Data Saver Firewall juga memungkinkan pengguna untuk memblokir akses internet aplikasi tertentu di Android.

Aplikasi ini menampilkan daftar aplikasi Android yang memiliki akses ke internet. Cukup ketuk aplikasi yang ingin diblokir akses internetnya lalu pilih jenis konektivitasnya. Jika Anda ingin memblokir penggunaan data seluler, ketuk ikon ‘Mobile data’ dan jika Anda ingin memblokir internet Wifi, lalu ketuk tombol ‘Wifi’.