Hal Tak Penting yang Bikin Gaji Cepat Habis

Apakah Anda sering merasa uang Anda cepat habis meski sudah menghemat pengeluaran. Padahal Anda juga merasa tidak membeli banyak barang, namun uang tetap habis.

Tanpa diketahui, banyak hal sepele yang kita lakukan bisa membuat uang kita cepat habis tanpa disadari. Bahkan, hal-hal itu kerap tak dianggap karena dinilai tidak terlalu berpengaruh terhadap uang Anda.

Berikut 5 hal sepele yang sering dianggap tak penting, namun sebenarnya bikin uang cepat habis, dikutip Jobstreet.

Uang receh

Seseorang sering kali malas menyimpan uang receh atau uang koin. Sebab, uang koin memang memakan tempat di dompet, sehingga terkadang dompet Anda tidak bisa tertutup. Solusinya, Anda bisa membawa dompet kecil untuk receh, atau setiap mendapat koin Anda bisa taruh di tas dan dimasukkan ke celengan saat di rumah.

Cemilan

Tanpa sadar Anda sering ngemil makanan kecil yang harganya tidak seberapa, seperti cilok, batagor, es cendol. Mungkin harga dari cemilan tersebut tidak lebih dari 10 ribu, tapi jika setiap hari Anda beli cemilan tersebut, uang Anda bisa habis setidaknya 200 ribu per bulan.

Solusinya, Anda bisa menyediakan bekal dari rumah. Dengan begitu, Anda tidak perlu menghadapi godaan jajan cemilan di kantin. Selain itu, Anda boleh siapkan cemilan kecil (biskuit, permen, dan lain-lain) di meja Anda, siapa tahu intensitas jajan Anda bisa berkurang.

Barang diskonan

Pada dasarnya, seseorang pasti akan tertarik dengan barang diskonan, baik itu perempuan maupun laki-laki. Apa lagi sekarang sudah banyak situs belanja online yang sering buat promosi.

Budaya konsumtif di Indonesia terkadang membuat seseorang mengesampingkan kualitas barang. Akibatnya, barang yang kita beli sering rusak, dan jika dihitung-hitung biaya yang kita keluarkan justru lebih banyak dari harga barang yang awalnya kita kira mahal.

Langganan

Media online di sini misalnya, berlangganan TV kabel. Padahal Anda selalu menghabiskan waktu di luar rumah, dan TV bahkan sudah jarang digunakan. Hal seperti ini sebaiknya dikurangi, karena Anda hanya buang uang untuk hal yang Anda sendiri jarang gunakan.

Contoh lainnya, Anda menjadi member gym, tapi selama sebulan nge-gym hanya sekali. Jika dihitung kembali, Anda mengeluarkan ratusan ribu untuk sekali nge-gym. Padahal, Anda juga bisa olahraga di rumah, bisa dengan mengakali media untuk latihannya. Banyak ide-ide kreatif di internet untuk membantu Anda agar dapat olahraga di rumah yang jauh lebih ekonomis.

Jajan mewah

Anda suka jajan mewah demi update di media sosial? Sebaiknya hal ini dihindari jika tidak ingin kantong Anda bolong hanya karena gengsi. Anda bisa membatasi diri untuk jajan mewah agar pengeluaran Anda tetap terkontrol.