Tips Memilih Pilihan 2 Tawaran Kerja

Setelah lulus kuliah atau sekolah, biasanya seseorang akan memilih untuk bekerja. Pada fase ini, para pencari kerja akan menaruh lamaran ke berbagai perusahaan, sehingga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan akan semakin lebar.

Tak jarang, mereka akan menghadapi sebuah pilihan jika mendapatkan 2 atau lebih tawaran pekerjaan. Di saat seperti ini, tentunya Anda harus benar-benar memilih pekerjaan apa yang akan diambil, sesuai dengan kriteria pekerjaan dan perusahaan yang Anda inginkan.

Berikut 4 hal yang mesti Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menerima tawaran pekerjaan, dikutip Hipwee.

Pertimbangkan Perusahaan Sesuai dengan Nilai-nilai yang Anda Yakini

Jika Anda orang yang sangat idealis, jangan menerima tawaran pekerjaan dari perusahaan yang akan menggadaikan idealisme itu. Jika Anda seorang pecinta lingkungan, tentunya Anda tidak mau kalau harus bekerja pada perusahaan yang mungkin berkontribusi pada kerusakan lingkungan.

Sebagai langkah awal, Anda harus mempelajari perusahaan yang menawarkan pekerjaan. Apakah akan memberikan Anda kebahagiaan atau tidak.

Kesempatan untuk Berkembang

Sebelum memutuskan bekerja, Anda harus sudah punya tujuan karier seperti apa, dan apakah perusahaan yang menawarkan pekerjaan ini bisa membantu Anda untuk mencapai semua tujuan itu. Sebab, bekerja tidak hanya sekadar bekerja.

Jadi, pilih perusahaan yang menyediakan ruang untuk Anda tumbuh sebagai profesional, bukan yang membuat Anda jalan di tempat. Pertimbangkan perusahaan yang menawarkan peluang terbaik, bukan yang sekadar gaji terbaik.

Gali Informasi Lebih dalam Saat Interview

Pada saat interview, bukan saja pihak perusahaan yang melakukan penilaian, namun Anda juga harus melakukan penilaian kepada perusahaan, melalui kesempatan bertanya kepada pewawancara. Usahakan Anda sudah paham kondisi perusahaan, sehingga bisa mengajukan pertanyaan yang memberi Anda gambaran umum.

Selain itu, perhatikan dengan cermat setiap fakta atau data yang dijelaskan oleh pewawancara. Dari sana, seharusnya Anda sudah memiliki gambaran akan bagaimana Anda jika bekerja di perusahaan itu.

Layanan Tambahan

Karena jika perusahaan tersebut menyediakan layanan tambahan seperti jaminan kesehatan, pendidikan dan liburan kepada karyawannya, maka tandanya lewat kompensasi itu, perusahaan berinvestasi kepada pengembangan jangka panjang para pekerjanya.

Jika Anda ditawari gaji yang rendah, namun di sisi lain perusahaan menawarkan lebih banyak manfaat tak berwujud seperti yang sudah disebutkan di atas, maka sudah bisa dipastikan perusahaan mampu setia kepada para pekerjanya.