Tips Mengelola Keuangan untuk Milenial

Pilihan yang Anda buat di usia 20-an dapat membuat Anda siap untuk kesuksesan finansial di usia 30-an dan seterusnya. Sayangnya, tidak semua orang memikirkan mengenai hal ini saat mereka di usia 20 tahun.

“Uang sangat sederhana. Tetapi kebanyakan orang meresponsnya, mereka tidak berencana untuk itu,” kata perencana keuangan bersertifikat dan presiden Vermillion Financial Advisors di South Barrington, Illinois, Mark La Spisa.

Dengan mengambil kendali dan membuat beberapa keputusan cerdas sejak dini, Anda dapat menempatkan diri Anda dalam posisi yang jauh lebih aman.

Berikut adalah 4 hal yang dapat Anda lakukan saat usia 20 tahun, sehingga Anda bisa menikmati kekayaan di usia 30 tahun, dilansir CNBC Make It.

Kuasai arus kas Anda

Mengembangkan kebiasaan pengelolaan uang yang baik sangat penting. Di usia 20-an, Anda harus membangun disiplin Anda, terutama dalam keuangan.

Pertama, lacak keuangan Anda untuk memastikan Anda memahami ke mana uang Anda pergi. Maka, pertimbangkan dengan cermat prioritas Anda, sehingga Anda tahu Anda membelanjakan dengan bijaksana kewajiban keuangan rutin seperti sewa, utilitas, dan tagihan telepon, dan menjaga pengeluaran Anda pada hal-hal menyenangkan sesuai dengan apa yang Anda mampu.

perencana keuangan bersertifikat dan pemilik Pemberdayaan Keuangan di Burnsville, Minnesota, Janet Stanzak menyarankan untuk membagi anggaran Anda menjadi 50-30-20. Di mana 50 persen untuk biaya hidup dasar, 30 persen untuk pengeluaran diskresioner, dan 20 persen untuk tabungan dan investasi jangka panjang.

Buat tagihan otomatis

Jika menabung sangat sulit dilakukan, maka uang Anda akan habis untuk berbagai hal. Untuk itu, siapkan rekening khusus untuk menabung, di mana setiap gajian maka sebagian dana akan ditarik otomatis ke rekening tabungan Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi memikirkan soal tabungan.

Hindari utang yang tidak perlu

Batasi pembelanjaan kartu kredit Anda hingga apa yang dapat Anda bayar penuh setiap bulan, dan jadilah cerdas dalam meminjam untuk pembelian besar seperti rumah atau mobil.

Untuk itu, sangat diperlukan manajemen keuangan agar Anda bisa tahu berapa besar kebutuhan Anda.

Buka tabungan pensiun

Ada 2 jenis rekening individu, yakni tabungan dan tabungan pensiun. Sangat penting untuk Anda membuka tabungan pensiun sejak muda. Ada bermacam-macam bentuk tabungan yang bisa Anda pilih untuk menyimpan atau menginvestasikan uang yang Anda miliki sesuai dengan tujuan keuangan di masa yang akan datang.

Namun, untuk Tabungan Pensiun, besarnya setoran awal biasanya sangat ringan bahkan ada beberapa produk perbankan khusus Tabungan Pensiun yang tidak menetapkan besarnya setoran awal untuk membuka akun Tabungan Pensiun. Manfaatkan kemudahan ini untuk menyimpan sebagian penghasilan Anda sebagai dana tambahan setelah memasuki usia pensiun.