5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Kredit Mobil Baru

Saat ini memiliki mobil semakin mudah dengan pengajuan kredit kepemilikan mobil. Banyak lembaga pembiayaan yang menyediakan layanan ini, mulai dari perusahaan leasing hingga bank. Mereka berlomba menawarkan kredit dengan bunga yang rendah dan cicilan yang ringan. Untuk memudahkan calon nasabah, para lembaga pembiayaan ini juga memiliki sistem simulasi kredit mobil yang bisa Anda coba.

Sebelum melakukan kredit mobil baru, Anda sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Pilih mobil dan perusahaan pembiayaannya

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih jenis mobil yang Anda inginkan. Memilih jenis mobil sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda memiliki keluarga kecil, Anda sebaiknya memilih mobil jenis MPV. Jika Anda membutuhkan mobil yang bisa digunakan untuk perjalanan jarak jauh, maka pilihlah jenis mobil yang bisa mengakomodasi kebutuhan tersebut.

Setelah mengetahui jenis, merk, hingga warna mobil yang Anda inginkan, selanjutnya Anda perlu memilih perusahaan pembiayaan. Anda bisa memilih perusahaan leasing atau bisa juga mengajukan pembiayaan kepemilikan mobil di bank.

2. Lakukan simulasi untuk uang muka dan tenor

Jika memilih mobil dan perusahaan pembiayaan sudah Anda lakukan, Anda sebaiknya melakukan simulasi kredit mobil. Simulasi ini diperlukan agar Anda memiliki gambaran besaran uang muka yang diperlukan dan besarnya cicilan per bulan sesuai dengan masa tenor yang Anda pilih.

Dengan melakukan simulasi, Anda bisa menyiapkan skenario terbaik yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Jangan sampai keinginan untuk memiliki mobil dengan sistem kredit mengganggu pos keuangan untuk kebutuhan yang lain.

3. Ketahui jenis asuransi yang disediakan

Hampir semua lembaga pembiayaan yang memiliki layanan kredit mobil mewajibkan nasabahnya untuk membeli asuransi. Jenis asuransinya biasanya sudah disediakan oleh lembaga pembiayaan tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu mencari tahu jenis asuransi yang disediakan.

Jenis asuransi yang Anda pilih juga akan menentukan besaran cicilan per bulan yang harus Anda bayarkan. Semakin baik jenis asuransi yang Anda pilih, semakin mahal harganya dan hampir dipastikan semakin besar pula cicilan yang harus Anda bayarkan.

4. Lengkapi persyaratan yang diperlukan

Yang keempat adalah mencari tahu persyaratan pengajuan kredit mobil di suatu lembaga pembiayaan. Setelah mengetahui syarat-syarat yang dibutuhkan, lengkapi semua persyaratan tersebut agar proses pengajuan kredit semakin mudah dan diterima.

Setiap lembaga pembiayaan memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Misalnya Anda mengajukan kredit kepemilikan mobil di Maybank, persyaratan yang diperlukan meliputi :

  • Formulir Pengajuan Kredit
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi Tabungan
  • Fotokopi Slip Gaji/Surat Keterangan Kerja
  • Fotokopi SIUP/TDR//SKDP (Wiraswasta)
  • Fotokopi NPWP

5. Pahami biaya lain-lain yang dibebankan

Yang terakhir adalah Anda harus memahami jenis-jenis biaya yang harus dibayarkan. Selain cicilan pokok, ada jenis biaya lainnya yang dibebankan, misalnya bunga kredit, biaya administrasi, dan provisi. Provisi merupakan biaya balas jasa ke bank atas disetujuinya proses kredit yang diajukan.

Dengan mengetahui jenis-jenis biaya yang dibebankan dan jumlah yang harus dibayar akan membuat Anda siap dengan biaya yang mungkin ditimbulkan. Dengan demikian, Anda tidak akan kaget jika suatu saat ada keterangan mengenai biaya tersebut.

Itulah 5 hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan kredit mobil baru. Mulai dari tahap pemilihan mobil, melakukan simulasi kredit mobil, hingga mencari tahu persyaratan yang dibutuhkan semuanya adalah hal yang penting. Jangan malu untuk banyak bertanya jika Anda belum mengerti sepenuhnya dengan aturan kredit kepemilikan mobil di suatu lembaga pembiayaan. Semakin banyak Anda bertanya, semakin banyak Anda tahu sehingga Anda tidak akan tersesat.