5 Tips Memilih Premi Asuransi Kesehatan

Banyak orang yang masih ragu untuk membeli produk asuransi kesehatan premi murah karena alasan finansial. Padahal asuransi bisa meng-cover biaya-biaya tak terduga yang bisa membebani finansial Anda. Bisa saja seluruh tabungan Anda bakal terkuras habis saat mengalami risiko tak diinginkan seperti kecelakaan, sakit berat hingga kematian mendadak. Pentingnya memahami manfaat asuransi bisa memberikan pertimbangan matang untuk masa depan Anda dan keluarga.

Asuransi kesehatan bisa menjadi jalan untuk melindungi aset dan keluarga Anda dari risiko buruk kehidupan yang bisa terjadi kapan saja. Namun, Anda juga harus tetap selektif memilih penyedia jasa asuransi agar tidak merugi kemudian hari. Risiko klaim ditolak karena kecerobohan Anda dalam menentukan produk asuransi bisa berdampak buruk pada keuangan dua kali lipat.

Memilih asuransi kesehatan premi murah yang terbaik

Menentukan premi yang tepat memang bukan hal mudah sebab Anda harus memiliki pertimbangan jangka panjang. Jangan sampai pilihan premi yang dibayarkan tiap bulan akan membebani finansial bulanan Anda. Yuk, simak tips memilih premi asuransi kesehatan yang sesuai kebutuhan berikut!

1. Pilih jenis asuransi kesehatan yang berkualitas

Ketahui betul jenis asuransi kesehatan yang hendak Anda pilih agar tidak menyesal kemudian hari. Dalam memilih asuransi kesehatan, Anda sebaiknya pilih jenis asuransi kesehatan murni untuk mendapatkan manfaat kesehatan prima.

Jenis asuransi kesehatan unit link yang menyertakan investasi memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Anda harus benar-benar memperhatikan instrumen investasi agar tidak merugi.

Memilih asuransi kesehatan murni sangat membantu Anda yang mengalami masalah kesehatan kemudian hari. Jumlah premi yang dibayarkan harus sesuai dengan proteksi atau perlindungan diri Anda dan keluarga.

2. Memilih fitur kesehatan yang diberikan

Layanan produk asuransi kesehatan apa saja yang ditawarkan? Asuransi kesehatan premi murah tentu memberikan jenis perlindungan yang beragam sesuai dengan kesepakatan awal. Misalnya fitur layanan rawat inap, rawat jalan, pengobatan, konsultasi, dan lain-lain.

Sebagai produk asuransi kesehatan, ada macam-macam jenis asuransi yang disediakan. Bisa jadi Anda memilih jenis asuransi yang memberikan proteksi spesifik seperti asuransi kesehatan kanker, penyakit jantung, diabetes, dan lain-lain.

3. Memperhatikan rekam jejak penyedia asuransi

Cek kembali apakah perusahaan asuransi memiliki legalitas yang sah dan bertanggungjawab terhadap proteksi kesehatan seluruh pelanggan. Rekam jejak yang bagus bisa menjadi patokan penting dalam memilih polis. Anda bisa mengecek testimoni pelanggan lain terkait kemudahan klaim yang dibayarkan, kemudahan pengajuan polis baru, dan sebagainya.

4. Memahami kontrak polis dengan teliti

Sebagai calon pemilik polis, Anda harus mengecek setiap ketentuan layanan yang diberikan sebelum membubuhkan tanda tangan, ya! Jika ada ketentuan atau aturan yang merugikan Anda sebagai pihak pelanggan, sebaiknya lakukan konsultasi lebih dulu.

Pastikan Anda memilih agen asuransi yang kredibel agar pengajuan polis bisa dilakukan dengan benar. Jika Anda butuh pengajuan klaim, pihak agen akan membantu Anda semaksimal mungkin.

5. Memilih nilai premi yang sesuai kebutuhan

Asuransi kesehatan premi murah bisa Anda temukan di sekitar karena pangsa pasar Indonesia masih sangat potensial. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh mudah tergiur dengan penawaran harga murah. Pastikan mengecek banyak hal seperti yang disebutkan dalam rangkuman di atas, ya! Perhitungkan nilai pertanggungan premi sesuai dengan besaran premi polis Anda.

Sangat penting membeli polis asuransi tidak membebani finansial bulanan Anda. Jumlah premi yang dibayarkan tidak boleh membebani keuangan masa yang akan datang. Memang polis asuransi bisa meng-cover seluruh biaya pengobatan kesehatan Anda, namun tetap upayakan agar pengelolaan jumlah premi sesuai dengan gaji Anda. Nilai ideal besara premi tidak boleh lebih dari 20 persen dari total gaji bulanan Anda, ya!

Ketahui Perbedaan klaim Reimburse dan Cashless

Asuransi Kesehatan

Memilih asuransi kesehatan harus memahami berbagai aturan atau ketentuan yang telah ditetapkan pihak perusahaan asuransi. Saat Anda sakit atau mengalami risiko kesehatan lain, cover biaya pengobatan bisa segera ditangani dengan baik. Produk asuransi kesehatan biasanya memberikan penawaran layanan reimburse dan cashless.

Layanan reimburse memiliki prosedur yang bervariasi tergantung dengan kesepakatan Anda sebelum mengajukan polis. Pengajuan klaim reimburse wajib melewati langkah demi langkah sebelum mendapatkan manfaat asuransi kesehatan. Anda juga harus memiliki biaya sendiri untuk membayar seluruh tagihan rumah sakit lebih dahulu sebelum mengajukan penggantian biaya pada pihak asuransi.

Sedangkan klaim cashless biasanya lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan reimburse. Nasabah hanya perlu menunjukkan kartu tanda keanggotaan perusahaan asuransi terkait untuk pembayaran seluruh biaya pengobatan atau perawatan di rumah sakit. Sangat simpel dan tidak memerlukan banyak waktu untuk sistem pengajuan klaim cashless. Hanya saja Anda harus tahu bahwa pengajuan cashless hanya bisa dilakukan di rumah sakit atau klinik rekanan perusahaan. Kalau tidak bekerja sama sebagai rekanan, Anda tetap harus melakukan klaim reimburse.

Selain dua sistem yang banyak diterapkan perusahaan asuransi kesehatan tersebut, ada pula pengajuan dalam bentuk santunan. Biasanya santunan diberikan kepada pelanggan yang sakit dalam hitungan hari selama perawatan di rumah sakit. Besar nilai santunan yang diberikan sesuai dengan kesepakatan yang tertera dalam polis.

Memilih asuransi kesehatan premi murah harus memperhatikan kemudahan klaim yang diberikan baik reimburse, cashless dan santunan. Jika cashless lebih simpel dan mudah, namun menawarkan premi polis yang cenderung lebih mahal. Bagi orang yang suka dengan efisiensi dan kepraktisan, maka sistem cashless sangat direkomendasikan.

Kalau bisa memilih produk asuransi kesehatan yang memiliki fitur reimburse dan cashless sesuai kebutuhan, kenapa tidak? Cek aja langsung di https://www.cekaja.com/asuransi-kesehatan/ untuk informasi lebih lengkap, ya!