AC Mobil Tidak Dingin, Simak 5 Cara Merawat AC Mobil Disini

Air conditioner (AC) atau penyejuk udara merupakan salah satu perangkat vital pada mobil, yang berfungsi untuk memberi kenyamanan bagi penumpang selama berkendaraan. Begitu seringnya digunakan, tentu saja perawatan AC juga harus tidak luput  dari perhatian pemilik mobil. Sama halnya dengan mesin dan komponen mobil lainnya yang harus dibersihkan, kebersihan dan kondis AC pun harus selalu dijaga untuk mencegah AC mobil tidak dingin.

Seringkali pemilik mobil mengeluhkan masalah AC yang tidak berfungsi secara optimal, mulai dari suhunya yang kurang dingin, beraroma tidak sedap, atau bahkan AC tidak menyala. Masalah tersebut timbul karena kurangnya kesadaran dan pengetahuan pemilik mobil, tentang cara merawat AC mobil yang benar. Nah, berikut ini adalah cara cara merawat AC mobil yang wajib anda ketahui.

5 Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin

1. Matikan AC Sebelum Mematikan Mesin Mobil

Ternyata kebanyakan orang belum mengetahui satu poin penting dalam menjaga kondisi AC mobilnya. AC mobil seharusnya dimatikan terlebih dahulu, sebelum anda mematikan mesin mobil ketika sudah sampai di tempat tujuan. Begitu pun sebaliknya, pastikan kondisi AC mobil dalam keadaan mati atau off sebelum anda menyalakan mesin mobil. Meski sepele, tetapi banyak orang yang meremehkan hal ini sehingga timbul kerusakan misalnya suhu AC mobil tidak dingin.

2. Pilih Tempat Parkir Yang Teduh

Jika anda memarkirkan mobil dalam waktu yang cukup lama di luar gedung, carilah tempat yang teduh agar suhu mobil tidak terlalu panas. Udara di dalam mobil akan terasa panas dan pengap, sehingga anda pasti langsung menyalakan AC begitu masuk ke mobil. Beban AC pun menjadi sangat berat, karena harus bekerja keras mendinginkan suhu kabin mobil. Bila ini terus dilakukan berulang-ulang, maka AC bisa cepat rusak dan suhunya tidak terlalu dingin.

3. Buka Kaca Jendela Sebagian

Bagaimana jika mobil di parkir di ruang parkir bawah gedung, tetapi tetap suhu kabin tetap panas? Untuk mengurangi beban kerja AC dan masalah AC mobil tidak dingin, sebaiknya buka kaca mobil sedikit selama mesin mobil dalam keadaan mati. Hal ini dilakukan untuk mengurangi uap panas yang berkumpul di dalam mobil, sehingga anda tidak akan merasa terlalu gerah dan pengap ketika kembali masuk ke mobil.

4. Jaga Kebersihan Kabin Mobil

Salah satu yang menjadi faktor penyebab tidak berfungsinya kinerja AC adalah kondisi kabin, karpet, dan lantai mobil yang tidak bersih. Debu debu dan kotoran dalam mobil bisa mencemari filter AC, dan membuatnya bekerja esktra keras hanya untuk menyaring debu dan kotoran di kabin mobil. Maka sebaiknya bersihkan keseluruhan kabin dan karpet mobil secara berkala, agar udara di dalam mobil selalu fresh dan sejuk.

5. Jangan Mengandalkan AC untuk Perjalanan Jauh

Untuk mencegah masalah AC mobil tidak dingin, sebaiknya jangan paksa AC bekerja terlalu keras terutama sepanjang perjalanan jauh. Daripada mengandalkan udara sejuk dari AC, sebaiknya anda sesekali membuka kaca jendela dan menghirup udara segar yang alami. Hal ini juga ntuk mengistirahatkan beban kerja AC, agar tidak diforsir selama berjam-jam terus menerus yang memungkinkan terjadinya pembekuan saluran AC.

Yang juga harus diperhatikan adalah melakukan service AC mobil secara berkala di bengkel profesional SuperCar.ID, untuk memastikan semua komponen AC masih dalam keadaan baik. Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh mulai dari condensor, receiver dyer, compressor, freon, hingga evaporator AC. Hal ini sangat penting dilakukan agar udara yang dihasilkan AC selalu bersih dan dingin.